Tips Hemat Listrik Walau Memasang CCTV | Jasa Pasang CCTV Palu | +62 811-4320-6001 | PT SMART CCTV INDONESIA

tips hemat listrik cctv

Setiap perangkat elektronik pasti membutuhkan daya agar bisa bekerja secara efektif dan salah satu sumbernya berasal dari arus listrik. Tidak terkecuali penggunaan listrik pada CCTV yang bakal menambah biaya pemakaian listrik. Hal ini pasti mengkhawatirkan bagi anda yang berniat memasang tapi takut tagihan membengkak sehingga menjadi pertimbangan untuk tetap memasang atau tidak.

Maka dari itu kami akan membahas tips hemat listrik serta berapa banyak daya yang dipakai pada CCTV. Simak penjelasannya berikut ini!

Daya yang Dikonsumsi Selama CCTV Beroperasi dan Standby

Untuk menghitung berapa konsumsi daya yang dihasilkan, perlu diperhatikan dulu mode standby atau mode operasional yang sedang diaktifkan pada kamera CCTV. Hal ini memengaruhi pemakaian daya agar dapat diprediksi berapa banyak yang sudah dikonsumsi, ditambah beberapa fitur dari CCTV juga ikut menambah daya.

Dalam mode standby, kamera CCTV umumnya akan mengonsumsi 2 sampai 5 watt per jam walau pastinya tergantung dari variasi merk serta model kamera. Sedangkan dalam model operasional yang berarti kamera aktif memantau dan melakukan perekaman, konsumsi listrik akan naik. Fitur-fitur seperti kamera yang canggih dengan kualitas resolusi video lebih tinggi hingga inframerah akan mengonsumsi lebih banyak dari kamera CCTV standar. Sehingga kamera CCTV mencapai 25 sampai 60 watt per jam dalam mengonsumsi listrik.

Tips Menghemat Penggunaan Listrik CCTV

Jika masih khawatir dengan konsumsi daya yang dihasilkan CCTV tapi tetap membutuhkannya sebagai perangkat keamanan, kami punya tips untuk mengoptimalkan pemakaian listrik CCTV. Karena pastinya tidak dapat terhindarkan akan menambah konsumsi daya listrik, tapi anda bisa menguranginya.

1. Cari CCTV yang Berkualitas dan Hemat Daya

Pastinya sebelum memasang CCTV anda akan melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukan pilihan CCTV terbaik. Maka pilihlah CCTV tetap dengan teknologi terbaik dengan konsumsi daya rendah. Sudah banyak CCTV yang menawarkan fitur terbaik tapi tidak menyedot listrik lebih banyak. Sehingga tagihan listrik masih bisa dikontrol dan tidak membengkak secara tiba-tiba.

2. Memakai Sensor Gerak untuk Mengaktifkan Rekaman

Adanya sensor gerak pada CCTV digunakan untuk mendeteksi pergerakan dari manusia atau hewan dengan berat tertentu. Adanya sensor ini akan mengaktifkan kamera CCTV untuk merekam, jadi jika tidak ada aktivitas atau gerakan yang terdeteksi kamera tidak akan aktif. Hal ini akan mengurangi CCTV untuk beroperasi sepanjang hari sehingga dapat mengurangi konsumsi listrik.

3. Buat Jadwal Perekaman

Jadwal perekaman ini pasti disesuaikan dengan kebutuhan anda kapan dan area mana saja yang diaktifkan untuk mengurangi borosnya daya listrik yang keluar. Contohnya ketika area pemantauan jarang terdapat aktivitas di malam hari bisa diatur mengatur rekaman di jam-jam tertentu. 

4. Melakukan Perawatan Secara Berlaka

Melakukan perawatan pada CCTV juga penting dilakukan. Tidak hanya memastikan ada bagian yang tak berfungsi, adanya kabel yang rusak bisa saja membuat kebocoran daya dan menaikkan konsumsi daya listrik. Agar hal tersebut dapat terhindarkan selagi anda menggunakan CCTV jangan lupakan untuk melakukan pemeliharaan.

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Kamera CCTV Mulai Rusak

Setelah mengetahui tips hemat listrik walau memakai CCTV, anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai memasang perangkat satu ini. CCTV sebagai perangkat pengawas pasti akan membantu dalam menjaga keamanan anda sekeluarga sehingga lewat informasi di artikel ini anda tidak perlu takut boros dalam pemakaian listrik.

Jika anda mencari jasa pemasangan CCTV, bisa mempercayai pada SMART CCTV INDONESIA! Kami melayani pembelian produk CCTV dan jasa pemasangan, maintenance, hingga perbaikan yang pastinya memiliki teknisi profesional serta terampil. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi WhatsApp +62 811-4320-6001.

CARA KERJA GPS TRACKER
Worry Free With SCI

PT SMART CCTV INDONESIA

PT SMART CCTV INDONESIA Kami menyediakan layanan pemasangan CCTV profesional untuk memastikan keamanan dan pemantauan yang efektif. Tim ahli kami akan membantu Anda memilih jenis CCTV yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan melakukan instalasi dengan presisi. Tentunya dengan teknisi yang profesional dan berpengalaman dibidangnya, dengan produk yang kami tawarkan merupakan produk dunia dengan kualitas yang terbaik namun dengan harga yang terjangkau.

HUBUNGI SCI

Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang layanan pemasangan CCTV kami. Keamanan Anda adalah prioritas utama kami! Hubungi kami untuk konsultasi, karena konsultasi bersama SCI, GRATIS!

For more info, our Social Media :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *