CARA AMPUH ATASI KERUSAKAN CCTV TERSAMBAR PETIR ! | JASA PASANG & SERVICE CCTV GORONTALO | PT SMART CCTV INDONESIA | +62 811-4320-6001

CARA AMPUH ATASI KERUSAKAN CCTV TERSAMBAR PETIR ! |

CCTV merupakan perangkat yang dapat membantu mengawasi keamanan lingkungan. Namun, pada saat musim hujan atau badai, CCTV dapat menjadi rentan terhadap kerusakan akibat sambaran petir terutama CCTV oudoor. Kerusakan pada CCTV akibat tersambar petir memang dapat menjadi masalah serius. Sambaran petir dapat merusak komponen elektronik dan mengganggu operasional CCTV secara keseluruhan.  Rusaknya CCTV bisa menghambat keamanan lingkungan, oleh karena itu menyadari kerusakan sejak dini sangatlah penting. Anda bisa segera mengambil tindakan untuk memperbaiki, khususnya ketika CCTV terkena petir.

Baca juga https://smartcctv.co.id/2023/11/17/pentingnya-dalam-memilih-cctv-ternyata-ini-alasannya/

Berikut beberapa cara mengatasi kerusakan CCTV akibat tersambar petir :

Matikan Sumber Daya Listrik:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan sumber daya listrik CCTV secara langsung. Putuskan pasokan listrik dari switch atau colokan yang terhubung dengan sistem CCTV. Hal ini akan membantu melindungi peralatan CCTV dari kerusakan lebih lanjut selama proses perbaikan.

Service atau Mengganti DVR

Setelah mematikan sumber daya listrik CCTV, Mulailah dengan mengecek bagian DVR terlebih dahulu. Ketika petir menyambar maka arus listrik yang dialirkan berlebihan bisa merusak bagian tempat penyimpanan rekaman CCTV yaitu DVR. Chipset pada DVR kemungkinan hangus dan tanda yang bisa dikenali adalah hangusnya komponen motherboard  serta tidak terjadi perekaman. Solusinya Anda bisa membawa perangkat DVR ke tempat servis untuk pengecekan lebih lanjut. Apabila kerusakan masing-masing komponen tidak terlalu parah biasanya masih bisa diperbaiki. Namun jika komponennya banyak yang hangus terbakar maka Anda harus mengganti DVR.

Membeli Kabel Baru

Khusus Anda yang menggunakan CCTV analog, mengecek kondisi kabel jadi hal selanjutnya yang dilakukan jika DVR ternyata tidak mengalami masalah. Kabel bisa juga hangus karena tersambar petir sehingga putus. Arus listrik otomatis tidak akan mengalir ke monitor dan juga DVR apabila kabel ini rusak. Oleh karena itu Anda sebaiknya mengganti kabel secara keseluruhan. Jangan lupa untuk terus merawat kabel dengan rutin agar bekerja dengan baik. Perlu kesabaran untuk mengecek kabel khususnya jika kabel cukup panjang tersambung ke ruang kontrol. Pengecekan ini harus dilakukan dengan teliti sehingga tidak ada bagian kabel yang terlewatkan.

Mengganti Power Supply

Power supply merupakan sumber listrik pada CCTV dan ketika rusak maka arus listrik yang dibutuhkan akan hilang atau melemah. Petir bisa membuat power supply tidak bekerja mengalirkan listrik dengan baik. Arus listrik akan dialirkan oleh petir melalui adaptor ke dalam power supply yang juga membuat komponen ini menjadi hangus. Dalam waktu sepersekian detik, petir akan menimbulkan hubungan arus pendek. Kerusakan pada power supply rata-rata tidak bisa diperbaiki. Sama halnya power supply pada komputer, ketika rusak Anda hanya bisa menggantinya dengan yang baru. Baru setelah itu CCTV bisa kembali normal. Pengecekan apakah power supply masih memiliki arus bisa dilakukan sendiri menggunakan avometer. Pastikan power supply tersambung pada colokan dan nyalakan CCTV untuk tahu apakah muncul arus listrik.

Memasang Anti Petir pada CCTV

Selain mengatasi, ada juga cara untuk mencegah kerusakan CCTV akibat petir. Sebelum cuaca semakin buruk Anda bisa memasang RG protector. Arus yang dibawa oleh petir kerap masuk ke kabel coaxial RG-6. Ketika masuk, maka kerusakan bisa terjadi pada control panel dan juga power supply. Kerusakan pada dua komponen tersebut akan jauh lebih mahal perbaikannya, bahkan sebanding dengan membeli CCTV baru. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan RG Protector atau surge protector. Alat ini jauh lebih terjangkau dan bisa menangkal petir. Ada dua jenis surge protector yang bisa Anda pasang disesuaikan dengan jenis CCTV. Surge protector untuk kamera analog dan juga untuk internet protocol (IP) CCTV. Sekilas alatnya mirip namun Anda harus memperhatikan pada proses pemasangannya karena berbeda yakni pada bagian input dan output-nya.

Penjelasan di atas merupakan  tips untuk mengatasi CCTV Anda jika terkena petir! Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa menghubungi SMART CCTV INDONESIA!

Tidak hanya menyediakan berbagai merk CCTV, tetapi kami juga menyediakan jasa service untuk memperbaiki CCTV Anda!

Untuk info pemesanan dan konsultasi bisa di : www.smartcctv.co.id

Atau bisa langsung datang ke store :

Jl. Nani Wartabone, No. 144, Heledulaa Selatan, Kota Timur, Kota Gorontalo (Bundaran Patung Saronde).

#SmartCCTVIndonesia #CCTVmurah #CCTVGorontalo #CCTVManado #CCTVOnline #CCTVInstalation #CCTVIndonesia #KameraCCTV #CCTVCamera #CCTVBandung #CCTVBoyolali #CCTVBanyuwangisosss #CCTVDki #CCTVJakarta

PT SMART CCTV INDONESIA

 

/*! elementor – v3.13.3 – 28-05-2023 */
.elementor-widget-image{text-align:center}.elementor-widget-image a{display:inline-block}.elementor-widget-image a img[src$=”.svg”]{width:48px}.elementor-widget-image img{vertical-align:middle;display:inline-block}


Kerusakan CCTV Tersambar Petir

PROJECT PEMASANGAN CCTV

Kerusakan CCTV Tersambar Petir