perbedaan kamera analog dan ip kamera

Kenali Perbedaan antara DVR dan NVR sebagai Perekam Video CCTV

Jasa pasang cctv di Gorontalo
Jasa pasang cctv di Gorontalo

Kenali Perbedaan antara DVR dan NVR sebagai Perekam Video CCTV. 0811-4320-6001. Penggunaan teknologi kamera pengawas atau CCTV (Closed Circuit Television) semakin umum dalam kehidupan sehari-hari. CCTV digunakan untuk berbagai keperluan, seperti keamanan, pengawasan karyawan, dan monitoring lingkungan.

Dalam sistem CCTV, DVR (Digital Video Recorder) dan NVR (Network Video Recorder) adalah dua jenis perekam video yang umum digunakan. Namun, masih banyak orang yang tidak mengenal perbedaan antara keduanya dan seringkali menggunakan istilah tersebut secara bergantian. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan tentang perbedaan antara DVR dan NVR.

Baca Juga : Rekomendasi Kamera CCTV yang bisa Pantau dari HP Tahun 2023 di Smart CCTV Indonesia

Kenali Perbedaan antara DVR dan NVR sebagai Perekam Video

1. Pengertian

A. DVR (Digital Video Recorder)

DVR adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk merekam dan menyimpan video dari kamera CCTV analog. DVR mengubah sinyal analog menjadi digital dan menyimpannya ke dalam hard disk internal. Kemudian, video dapat diakses dan diputar kembali melalui monitor atau perangkat lain yang terhubung ke DVR.

B. NVR (Network Video Recorder)

NVR adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk merekam dan menyimpan video dari kamera CCTV IP (Internet Protocol). NVR menggunakan jaringan kabel atau nirkabel untuk menghubungkan kamera CCTV IP dan perangkat lain, seperti router atau switch. Video yang direkam oleh kamera CCTV IP akan menghasilkan format digital dan disimpan dalam hard disk internal NVR.

2. Perbedaan

  • Jenis Kamera

Perbedaan pertama adalah jenis kamera yang digunakan. DVR (Digital Video Recorder) menggunakan kamera CCTV jenis analog dengan menggunakan kabel coaxial yang  berfungsi sebagai media untuk transmisi data dan menyalurkan melalui sinyal listrik.  Sedangkan NVR (Network Video Recorder) menggunakan IP camera (kamera digital) atau kamera berbasis internet protocol.

Perbedaan DVR dan NVR
  • Kualitas Video

DVR dan NVR memiliki kualitas video yang berbeda. Kualitas video yang dihasilkan oleh DVR lebih rendah daripada NVR karena sinyal analog yang dikirimkan oleh kamera CCTV analog. Kamera analog memiliki kualitas yang terbatas dan umumnya tidak sejernih kamera digital. Saat melakukan zoom-in, biasanya gambar akan mudah pecah dan buram kualitasnya, bahkan muncul bintik-bintik pada gambar.

Sedangkan NVR menghasilkan kualitas video yang lebih tinggi karena menggunakan kamera CCTV IP yang menghasilkan sinyal digital. NVR memiliki kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan dengan DVR. Hal ini dikarenakan NVR menggunakan IP Camera( kamera digital) yang mempunyai resolusi lebih tinggi. Saat melakukan zoom-in, IP Camera umumnya tidak menimbulkan buram atau pecah kualitas.

Perbedaan DVR dan NVR
  • Koneksi

DVR dan NVR memiliki perbedaan dalam hal pemasangan. DVR lebih mudah dipasang karena hanya perlu menghubungkan kamera CCTV analog ke DVR dengan menggunakan kabel coaxial. Namun untuk kabel coaxial ini memiliki harga yang lebih mahal daripada kabel yang NVR gunakan. Oleh sebab itu, pengguna menilai NVR lebih dinamis dan efisien digunakan kapan saja dan di mana saja.

Sedangkan NVR memerlukan jaringan kabel atau nirkabel untuk menghubungkan kamera CCTV IP dan perangkat lain. NVR dapat Anda akses secara langsung atau real-time, karena terhubung dengan jaringan koneksi internet atau LAN. Dengan koneksi internet atau jaringan LAN, Anda leluasa melakukan pemantauan kamera CCTV dan NVR secara langsung dari smartphone secara real-time.

  • Cara Kerja

Perbedaan selanjutnya adalah cara kerja pada masing-masing perangkat. Saat menggunakan DVR, sinyal video dari kamera CCTV analog akan diubah oleh DVR dalam bentuk data digital. Data ini nantinya akan disimpan dalam hard disk DVR. Berbeda dengan menggunakan NVR maka Anda akan mendapat data digital secara langsung dari kamera CCTV tanpa perlu mengubahnya dari bentuk sinyal video.

Penggunaan kedua perangkat ini dapat Anda sesuaikan dengan jenis kamera yang akan Anda gunakan, kebutuhan dari masing-masing tempat yang akan terpasang CCTV, serta dari ketersediaan dana atau budget yang Anda miliki. Sebaiknya sebelum Anda memutuskan membeli CCTV terlebih dahulu memastikan pemasangan CCTV sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda memutuskan memilih DVR, maka pastikan tempat pemasangan CCTV mempunyai arus listrik yang stabil untuk mengoptimalkan kinerja dari perangkat tersebut. Di sisi lain, jika Anda menggunakan NVR, maka pastikan perangkat tersebut mendapat supply jaringan internet yang stabil untuk akses dengan mudah.

PASANG CCTV GORONTALO
PASANG CCTV GORONTALO

DVR dan NVR adalah dua jenis perekam video yang berbeda dalam banyak hal, seperti jenis kamera yang digunakan, kualitas video, pemasangan, dan biaya. DVR digunakan untuk merekam video dari kamera CCTV analog, sedangkan NVR digunakan untuk merekam video dari kamera digital. Kamera CCTV IP menghasilkan kualitas video yang lebih tinggi daripada kamera CCTV analog, sehingga NVR menghasilkan kualitas video yang lebih baik daripada DVR.

Selain itu, pemasangan NVR lebih mudah daripada DVR karena hanya memerlukan jaringan kabel LAN atau nirkabel yang lebih praktis. Namun, biaya NVR lebih mahal daripada DVR karena menggunakan kamera CCTV digital yang harganya lebih mahal daripada kamera CCTV analog.

Sebelum memutuskan untuk membeli DVR atau NVR, ada baiknya mempertimbangkan kebutuhan dan tujuan penggunaan CCTV terlebih dahulu. Jika ingin menggunakan kamera CCTV analog, maka DVR mungkin menjadi pilihan yang lebih tepat. Namun, jika ingin menggunakan kamera CCTV IP yang menghasilkan kualitas video yang lebih baik dan dapat dipantau dari smartphone secara real-time maka NVR bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Dalam era digital ini, teknologi CCTV terus berkembang dan terus meningkatkan kualitas video dan kemudahan penggunaan. Kedua jenis perekam video ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu merekam video untuk tujuan pengawasan dan keamanan. Oleh karena itu, penting untuk mengenali perbedaan antara DVR dan NVR agar tidak terjadi kekeliruan dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Untuk informasi Jasa Pasang CCTV Gorontalo dan harga Paket CCTV Murah dapat Anda KLIK DISINI

Anda butuh Jasa Pasang CCTV dengan Free Instalasi?

Smart CCTV Indonesia melayani Jasa Pasang CCTV, Alarm Smart Home & Access Control, PABX, Mesin Kasir, AC dan berbagai layanan keamanan lainnya.

Segera Hubungi Kami Untuk Pemasangan CCTV atau Security System Lainnya! Klik disini!

Alamat Store SCI :

STORE CAB. GORONTALO

STORE CAB. MANADO

STORE CAB. BOYOLALI